Minggu, 09 September 2012

يسألوني عن مسألة "كل" فأجبت


ويسألوني عن مسألة "كل"
فأجبت

PERTAMA

Syikil awal
كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة
Kullu beridhofat kpd nakiroh,dan khabarnya dgn nakiroh dan khabarnya dgn mufrad,bkn dgn jumlah,
Syikil awal had wasathnya yaitu mahmul pd shugro dan maudhu pd kubro,maka natijahnya kulliyah mujabah
Natijah syikl awal adalah
كل محدثة ضلالة
Idhofatnya tetap dgn nakiroh,khabarnya jg mufrad dan nakiroh,
Imam nawawi berpendapat ini "aam makhsush"

KEDUA

Adapun
كل ضلالة في النار
Ini ada perbedaan dgn kullu di atas,krn khabarnya dgn memakai huruf jar yg menyebabkan ada jumlah dsana atau gairu mufrad,tdk bs dsamakan dgn kullu yg dkatakan imam nawawi diatas

KETIGA

Adapun
كل نفس ذائقة الموت
Walawpun kullu beridhofat kpd nakiroh spt yg di atas,tp liat khabarnya,khabarnya itu adalah sesuatu yg beridhofat kpd alif lam yaitu makrifah,sdgkan kullu diatas khabarnya nakiroh,tdk bs di samakan juga lo dgn pendapat imam nawawi yg PERTAMA,
Aplg dsni kullu nya cuma 1x,gak bermurakkab2 jd lgsg itu natijahnya,gak perlu qiyas2 lg,jd ini sm skali tdk bs dsamakan dgn yg pertama

KE EMPAT
Adapun
كلكم راع
كل من عليها فان
Ini kullu lgsg beridhofat kpd ma'rifah,dan ini tdk perlu takhsish2 lg,lgsg aja di umum kan,krn udah jelas,dan tdk perlu ada qiyas2 lg,krn natijahnya udah pd zatnya,dan ini juga beda dgn yg PERTAMA

KE LIMA
Adpun
كل شيء هالك
Ini hampir sama dgn yg PERTAMA,dan yang ini malah lbh jelas lg 'amm makhsus nya,yaitu dgn ddatangkan istisna,
إلا وجهه
Dgn mengkiyaskan kpd ini,bs kt katakan bhw hadist nabi
كل بدعة ضلالة
Bisa di istisnakan atau di takhsish dgn qaul umar
نعمت البدعة هي
Wallahu a'lam natijahnya
كل بدعة ضلالة إلا بدعة حسنة

KE ENAM
Imam nawawi mengatakan 'amm makhsush dgn menanding kalimat
كل سفينة غصبا
Dan ini memang sama dgn kullu yg PERTAMA ,krn pd asalnya safinah dan goshba sm2 nakiroh,
Sblm ada ya'khuzu yg dtng,dan ini memang tepat,krn nabi khidir sengaja menghancur kapal yg membawa beliau,agar tdk diambil raja zholim,
Dapat dpastikan bhw yg diambil raja zholim itu cuma kapal yg bagus,dan yg jahat gak diambil,
Persamaan nya dgn kullu bid'ah,
Maksudnya bid'ah yang jahat saja yg sesat,sdgkan yg baik yg sesuai alquran dan sunnah it tdk sesat,

KE TUJUH
Adapun
كل مسكر خمر وكل مسكر حرام
Walawpun ini hampir sm dgn yg PERTAMA, tp coba liat jelas skali perbedaan pd maudhu nya,kalau yg PERTAMA dua maudhunya stlh kullu itu berbeda,krn itu masuk pd syikil awal,
Adapun ini masuk pd syikil tsalist atau 3,krn dua qadhiyah antara kullu yg PERTAMA dgn yg ini berbeda,wlwpn sm pd adhrubnya
Yaitu kulliyatani mujabatani,dan syikil 3 ini had wasathnya pd 2 maudhu pd shugro dan kubro nya,
كل مسكر خمر وكل مسكر حرام
Natijahnya adalah juz-iyah mujabah yaitu
بعض الخمر حرام

Dan ini sangat beda dgn ibarat yg PERTAMA pd maudhu dan mahmul nya
كل محدثة بدعة وكل بدعة ضلالة
Perbedaan nya
كل مسكر خمر وكل مسكر حرام

Pd kullu yg pertama,muhdatsah stlh kullu pd shogro tdk terulang pd kubro,
Pd kullu yg kedua,
Muskirin stlh kullu pd shogro terulang lg pd kubro,

Mudah2n bisa di faham dan bisa bermanfaat

...dalam hadist NABI MUHAMMAD SAW tentang KULLU BID ATUN DHOLALAH adalah kata KULLU dlm ALQURAN banyak artinya.bukan hanya KULLU yg berarti SEMUA.ada arti lainya.contoh ayt AL AHQAF46;25;(angin)yang menghancurkan SEGALA SESUATU dengan perintah TUHAN nya,maka jadilah mereka tidak ada yang kelihatan lagi KECUALI TEMPAT TINGGAL MEREKA.demikianlah KAMI memberi balasan kepada kaum yang berdosa.Dalam ayt tsb menggambarkan angin yg mengahancurkan SEGALAnya sehingga orang kafir terkubur didlm bumi,kendati disebutkan angin tsb menghancurkan KULLU SYAIN(segala sesuatu)ternyat rumah orang kafir tsb tidak hancur.ini membuktikan bahwa rumah orang kafir tsb diartikan sebagai suatu PENGECUALIAN. pun begitu dlm hadist NABI KULLU BID ATUN DHOLLAH=BARANG SIAPA BERBUAT SESUATU HAL BARU DALAM MASALAH(AGAMA) YANG TIDAK BERSUMBER DARINYA(AGAMA)MAKA DIA TERTOLAK.perhatikan kalimat YANG TIDAK BERSUMBER DARINYA(AGAMA)inilah kalimat yg menjelaskan bahwa tdk semua bid ah sesat.KESIMPULANYA;HADIST NABI MUHAMMAD SAW;Semua bid ah itu sesat kecuali yang bersumber dari ALQURAN dan sunnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar